Ritual Barong Ider Bumi

Banyuwangi – Ratusan suku Osing Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur menggelar upacara adat atau ritual Barong Ider Bumi di Desa Wisata Kemiren, Sabtu (11/9). Masyarakat Osing di Kemiren meyakini ritual Barong Ider Bumi dapat mengusir pagebluk atau penyakit dan bencana yang melanda Kemiren.

Barong Ider Bumi dibawa keliling Desa Kemiren, disertai dengan penebaran uang koin dan beras kuning oleh pemimpin iring-iringan. Ritual itu yang diartikan sebagai lambang pengusir lelembut. Sembari iring-iringan berjalan mengelilingi desa Kemiren, para ibu-ibu yang tinggal di desa setempat bertugas untuk menyiapkan makanan yang akan disajikan untuk makan bersama.

Bupati Banyuwangi, Ratna Ayu Lestasi mengharapkan seluruh masyarakat desa Kemiren dapat menjaga tradidi ritual Barong Ider Bumi yang sudah menjadi ciri khas desa Kemiren. “Saya juga mengimbau kepada seluruh desa dan dinas pariwisata untuk membantu penyelenggaraan ritual Ider Bumi ini. Tradisi ini tidak boleh hilang. Ini sudah menjadi ciri khas Kemiren yang bisa menarik wisatawan domestik dan wisatawan asing untuk datang ke Banyuwangi khususnya Kemiren,” ucap Ratna di sela acara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s